Wednesday, August 31, 2016

Media pangajaran Mitos Pamali

Berasal dari Bahasa Yunani “mythos” adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh penganutnya.

- Mitos adalah cerita yang “aneh” dan seringkali sulit dipahami maknanya atau diterima kebenarannya karena kisah di dalamnya “tidak masuk akal” (Ahimsa-Putra)
- Mitos adalah suatu cerita mengenai asal-usul semesta alam, manusia, dan bangsa itu sendiri (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
-Mitos adalah cerita suci berbentuk simbolik yang menceritakan serangkaian peristiwa nyata dan imajiner mengenai asal-usul dan perubahan-perubahan alam raya, dewa-dewi, kekuatan-kekuatan atas kodrati manusia, pahlawan, dan masyarakat (Cremers)


Media Pembelajaran Sisingaan

Sisingaan atau Gotong Singa (sebutan lainnya Odong-odong dan Sisingan Reog) merupakan salah satu jenis seni pertunjukan rakyat khas Subang, Jawa barat, yang menggunakan media tandu sebagai sarana kreasi seni.
Sisingaan diilhami dari cerita serial Reog di Jawa Timur, yang menceritakan suka cita perjalanan para pengawal raja Singa Barong dari kerajaan Lodaya saat menuju kerajaan Daha. Meskipun sang raja terkenal bengis dan angkuh, tetapi para pengawal selalu setia memikul tandu yang ditiduri oleh Raja Singa Barong.

Thursday, August 25, 2016

Biografi Mohammad Toha

Salah satu peristiwa besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, yaitu Bandung Lautan Api. Peristiwa yang membumihanguskan kota Bandung, berlatar belakang ultimatum sekutu. Kejadian itu hampir berlangsung selama tujuh jam, di mana kurang lebih dua ratus ribu masyarakat Bandung meninggalkan dan membakar rumah-rumah mereka serta fasilitas-fasilitas publik. Nah, dari kejadian itu kita menemukan sosok seorang tokoh di balik Bandung Lautan Api yang sangat fonomenal yaitu Mohammad Toha atas keberanian dan semangat juang akan membela tanah air Indonesia.

Mohammad Toha dilahirkan di Jalan Banceuy, Desa Suniaraja, Kota Bandung pada tahun 1927. Ayahnya bernama Suganda dan ibunya Nariah yang berasal dari Kedunghalang, Bogor Utara, Bogor. Pada umur 2 tahun toha sudah menjadi anak yatim dikarenakan pada tahun 1929 ayahnya meninggal dunia. Toha sempat bersekolah di Volk School (Sekolah Rakyat) sejak usia 7 tahun hingga menginjak kelas 4 SD sebelum akhirnya terpaksa berhenti karena Perang Dunia II.


Monday, August 1, 2016

Media Pembelajaran Kawih Kelas XI

Kawih teh nya eta rakitan basa sabangsa dangding anu henteu make patokan pupuh. Ngawih nya eta ngalagukeun kaih atawa sisindiran, jste, iwal ti pupuh. Lirik lagu dina kawih disebut rumpaka. Kawih nu medalna kabaheulaan, rumpaka kawih teh nyokot tina wangun sajak antwa puisi. Biasana kawih sok dipirig ku gamelan. Nada anu digunakeun dina kawih nya eta nada pentatonic, anu patokanana dumasar kana da-mi-na-ti-la-da.
Dina kandaga kabeungharan seni sora sunda aya kawih nu dipirig ku waditra aya oge anu ditambul bae. Piriganana bias ku kilining, degung, kacapian, calung, angklung, malah tiasa bae ku alat music modern oge.

Saturday, June 25, 2016

RPP Ngajar Basa Sunda SMA kelas X Kurtilas




RPP Ngajar Basa Sunda SMA kelas X

Sampurasun....

Mangga nyanggakeun ka Bapa/Ibu Guru Basa Sunda Se-Jawa Barat  saya akan share file administrasi pengajaran bahasa Sunda SMA, atas nama persabatan dan solidaritas sesama Guru Basa Sunda.

Friday, June 3, 2016

Deskripsi & Tokoh-tokoh Wayang Golek


Wayang Golek adalah suatu seni pertunjukan wayang yang terbuat dari boneka kayu, yang terutama sangat populer di wilayah Tanah Pasundan. Sebagaimana alur cerita pewayangan umumnya, dalam pertunjukan wayang golek juga biasanya memiliki lakon-lakon baik galur maupun carangan yang bersumber dari ceritaRamayana dan Mahabarata dengan menggunakan bahasa Sunda dengan iringan gamelan Sunda (salendro), yang terdiri atas dua buah saron, sebuah peking, sebuah selentem, satu perangkat kenong, sepasang gong (kempul dan goong), ditambah dengan seperangkat kendang (sebuah kendang Indung dan tiga buah kulanter), gambang, dan rebab.

Rupa-rupa Téhnik Ngurek

Kénging Dede Syafrudin



1. Amparan sawah nu héjo ngémploh jadi lahan kalangenan ngurek anu stratégis [Potrét/Ilustasi: ]
Dina amparan sawah anu héjo lémbok, remen katingal jalma dodongkoan di sisi galeng, ngadon ngurek, ngala belut. Kuring jeung Enduy katut Dudus bisa disebut rada nyandu kana ngurek. Guru atawa “méntor” kuring saparakanca dina bag-bagan nguseup téh nyaéta Mang Dédi. Di lembur kuring mah mémang Mang Dédi kasebut pangjagona kana nguseup.
“Nu pangutamana dina ngurek mah nyéta ngabédakeun liang belut jeung liang keuyeup,” ceuk Mang Dédi, waktu mimiti mapatahan kuring ngeunaan élmuning ngurek.
Ngabédakeun liang belut jeung liang keuyeup étuning énténg bangga. Ciri nu pangumumna liang belut rupana buleud jeung leucir, sedengkeun liang keuyeup mah ngorowong tur langkana nu bener-bener buleud. Kawasna mah alatan struktrur awak belut mémang béda jeung struktur awak keuyeup.