Wednesday, June 21, 2023

CP-TP BAHASA SUNDA KELAS XI


Kawih Sunda

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi berbagai informasi (perasaan, gagasan, pikiran, dan kehendak) dengan berpikir logis dari menyimak tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam berbagai bentuk (monolog, dialog, dan gelar wicara) serta mengapresiasi dan menanggapinya


Novel Sunda

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi berbagai informasi (perasaan, gagasan, pikiran, dan kehendak) dan struktur tipe teks (fiksi dan nonfiksi)berbahasa Sunda di media cetak dan elektronik dengan berpikir logis. 

Peserta didik mampu mengapresiasi beragam teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda di media cetak dan elektronik untuk menanggapinya


WAWANCARA

Peserta didik mampu menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, atau perasaan) dan kreativitas dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara berbahasa Sunda secara logis, sistematis, kritis, kreatif, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.


WARTA SUNDA

Peserta didik mampu menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, atau perasaan) dan kreativitas dengan bahasa Sunda dalam tipe teks tulis secara benar, logis, kritis, kreatif, dan santun untuk tujuan tertentu



Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi berbagai informasi (perasaan, gagasan, pikiran, dan kehendak) dengan berpikir logis dari menyimak tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam berbagai bentuk (monolog, dialog, dan gelar wicara) serta mengapresiasi dan menanggapinya.


Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi berbagai informasi (perasaan, gagasan, pikiran, dan kehendak) dan struktur tipe teks (fiksi dan nonfiksi)berbahasa Sunda di media cetak dan elektronik dengan berpikir logis. 

Peserta didik mampu mengapresiasi beragam teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda di media cetak dan elektronik untuk menanggapinya.


Processing and presenting messages (ideas, thoughts, views, or directions) to convey opinions, problems, and solutions in the form of monologues, dialogues, and speech titles in Sundanese by using typical words or idioms (pakeman basa) logically, coherently, critically, and creatively according to language rules and Sundanese cultural norms.

Memproses dan menyajikan pesan-pesan (ide, pemikiran, pandangan, atau arahan) untuk menyampaikan pendapat, masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan judul pidato dalam bahasa Sunda dengan menggunakan kata-kata atau idiom-idiom (pakéman basa) yang khas secara logis, koheren, kritis, dan kreatif sesuai dengan aturan bahasa dan norma budaya Sunda.


Peserta didik mampu menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, atau perasaan) dan kreativitas dengan bahasa Sunda dalam tipe teks Warta Sunda secara benar, logis, kritis, kreatif, dan santun untuk tujuan tertentu.

Skenario Aksi NYATA Simulasi Mengajar-PPG

 



1. Salam dan Doa

2. Mengecek Kondisi Kelas

3. Absensi

4. Ice Breaking

5. Tujuan Pembelajaran

Orientasi terhadap peserta didik

6. Stimulus Video literasi

7. Mengaitkan Materi aja dg literasi

8. Game Kahoot

9. Mengamati dan menganalisis artikel


MENGORGANISASIKAN PESERTA DIDIK


10. Pembentukan kelompok heterogen

11. Memberikan Tugas analisis artikel

12. Memastikan peserta didik memahami tugas


MEMBIMBING PENYELIDIKAN INDIVIDU MAUPUN KELOMPOK


13. Memantau keterlibatan antar anggota kelompok

14. Peserta didik mengidentifikasi  untuk bahan diskusi kelompok


MENGEMBANGKAN DAN MENYAJIKAN HASIL


15. Guru memantau LKPD siap dipresentasikan

16. Kelompok berdiskusi solusi pemecahan masalah 


MENGANALISI DAN MENGEVALUASI PEMECAHAN MASALAH


17. Guru membimbing presentasi dan memberikan reward

18. Kelompok presentasi dan kelompok lain mengapresiasi

19. Peserta didik mengisi lembar refleksi

20. Guru dan peserta didik menyimpulan materi


PENUTUP


1. Refleksi terbimbing

2. Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari2

3. Tindak lanjut pembelajaran selanjutnya

4. Doa dan memberi salam


CONTOH SURAT PERJANJIAN PERANTARA ATAS JUAL BELI RUMAH/TANAH

 


SURAT PERJANJIAN PERANTARA ATAS JUAL BELI RUMAH/TANAH

 

No. 01/19/04/2022

______________

 

Pada hari ini Selasa 19 April 2022 bertempat di Cileungsi Bogor, yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama

: xxxxxxxxxx

Pekerjaan

: Ibu Rumah Tangga

No. KTP

: xxxxxxx

Alamat

Jln xxxxxxxxxxx

 

 

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Pertama.

 

Dengan ini membuat Perjanjian dengan;

Nama

: xxxxxxxxx

No. KTP

: xxxxxxxxx

Pekerjaan

: Wiraswasta

Alamat

: Perum xxxxxxxxx

 

 

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua.

 

Dalam perjanjian ini menyatakan hal sebagai berikut:

Bahwa Pihak Pertama akan memberikan komisi kepada Pihak Kedua Sebesar Rp 5.000.000 Dari jumlah Investasi 170 Juta Rupiah atau senilai uang sejumlah Rp 170.000.000 (Seratus Tujuh Puluh Juta Rupiah) jika berhasil dalam memperantarai sampai terjadi transaksi investasi atas jual-beli atas tanah seluas 60, bangunan 30㎡, yang terletak di Desa Jatisari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat yang mana dalam hal ini pembelinya adalah Bpk/Ibu/Sdr(i) xxxxxxxxxxxxx

 

Demikian Perjanjian ini Kami buat secara sadar dan bertanggung jawab di hadapan saksi, tanpa ada tekanan maupun pengaruh dari pihak manapun.

Dan agar surat Perjanjian Jasa Perantara Atas Jual Beli Rumah/Tanah ini dipergunakan seperlunya.

Terima kasih.

 

Pihak 1

 

Pihak 2

 

 

 

 

 

 

Xxxxxxxxxx

 

Xxxxxxxxxxx

 

Saksi

 

 

 

 

 

 

 

 

…………………………….

 

 

 

 

MODUL AJAR BASA SUNDA - MATERI DONGENG - 2023-2024

 

LEARNING MODULE

Module

Bahasa Sunda

Schoo Level

SMA 

Grade/Phase

Grade 10 / Phase E

Semester/Term/Week

Semester 1 / Term 1 / Week 2

Duration

 JP ( pertemuan), 2 40 menit

Mode

Discovery Learning

Student Identification

Reguler

 

Learning Outcomes (Tujuan Pembelajaran)

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

 

Profil Pelajar Pancasila

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.

2. Bernalar kritis. Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.

3. Kreatif. Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

 

 

General Knowledge (Pemahaman Bermakna)

Big Question (Pertanyaan Pemantik)

Dongeng merupakan salah satu produk budaya Sunda yang perlu dilestarikan sebagai sarana edukasi secara lisan dan tulisan.

Apa yang akan terjadi jika dongeng Sunda mampu mengubah karakter seseorang?

Bagaimana caraya agar dongeng bisa berkesan?

 

Assessments

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran:

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifk-TPACK dan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode diskusi, kolaborasi serta refleksi maka Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks dongeng berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara untuk tujuan tertentu yang kemudian mengaitkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan jujur, teliti, tanggungjawab, dan penuh semangat nasionalisme.

 

Asesmen Formatif:

1. Quiz 

2. Ujian Harian (Pilihan Ganda dan Essay)

3. Penilaian Sikap

4. Penilaian Keterampilan

5. Penilaian Pemahaman/Pengetahuan

 

Alat ukur:

1. Rubrik Quiz

2. Format Penilaian Ujian Harian

3. Rubrik penilaian Sikap

4. Rubrik Penilaian Keterampilan

5. Rubrik Penilaian Pengetahuan

 

Asesmen Sumatif:

UAS, UTS

 

Alat ukur:

Format Penilaian Ujian Akhir Semester

Format Penilaian Ujian Tengah Semester

 

 

Remedial bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria tujuan pembelajaran:

DIberikan bimbingan dan kelas pembelajaran lalu diberikan tes pengulangan lagi sampai mendapatkan nilai minimal 75 bagi peserta didik yang  belum paham/ belum terampil akan dilakukan pendampingan oleh guru.

Bagi peserta didik yang sudah paham seutuhnya diberikan pengayaan dan melanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya

 

 

 


SESSION/Pertemuan ke: Week 2

Teaching Goals 

 

Indikator Keberhasilan

Asesmen

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks dongeng berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.

Jenis Asesmen : 

Penilaian Sikap

Penilaian Keterampilan

Penilaian Pengetahuan

 

Alat ukur : 

Rubrik Penilaian Sikap

Rubrik Penilaian Keterampilan

Rubrik  Penilaian Pengetahuan

 

 

Sarana dan Prasarana

ü LCD Proyektor and Apple TV

ü Template Worksheet, Kertas kerja

ü Gambar berkaitan dengan materi

ü Spidol 

ü Papan Tulis 

ü Internet 

ü Video dari Youtube, LMS, Gadget, internet

ü Handout

ü Laptop. Ipad. MacBook

 

Rincian Kegiatan

Opening/Kegiatan Awal 

ü Guru membuka kelas dengan mengucapkan salam.

ü Guru dan Peserta didik berdoa Bersama-sama

ü Mengkondisikan kehadiran peserta didik dengan apresiasi kehadiran peserta didik dan absensi kelas.

ü Memberikan dorongan dan motivasi.

ü Memaparkan IPK dan tujuan pembelajaran.

ü Apersepsi. Mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipaparkan pada pertemuan kali ini

Main Activity/Kegiatan Inti 

 

Memberi stimulus (Stimulation)

1. Guru memberikan stimulus berupa masalah untuk diamati dan disimak Peserta didik melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar, dan lain-lain. 

2. Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan materi dongeng

3. Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket.

 

Mengidentifikasi masalah (Problem Statement)

1. Peserta didik bekerjasama dalam kelompok mengidentifikasi permasalahan yang disajikan pada tayangan PPT, kemudian diminta membuat catatan tentang temuan-temuan terkait bentuk-bentuk konflik.

2. Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan, yang berkaitan dengan materi/gambar yang terdapat pada buku paket dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran,

3. Peserta didik  mengajukan pertanyaan minimal lima setiap kelompoknya yang harus dijawab oleh kelompok lainnya dari hasil pengamatan terhadap masalah yang diamati.

 

Mengumpulkan data (Data Collecting)

1. Peserta didik mencari dan mengumpulkan data/informasi yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan yang dari kelompok lain.

2. Peserta didik bekerjasama dalam kelompok dan berbagi tugas untuk mencari informasi/data pendukung guna memperkuat data yang valid dari berbagai sumber. 

3. Data tersebut berkaitan dengan materi dongeng Sunda.

4. Guru meminta Peserta didik menggali kembali pemahamannya yang berkaitan dengan bentuk-bentuk teks warta dengan lintas kelompok melalui diskusi terbuka.

 

Mengolah data (Data Processing)

1. Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber, mengembangkan hasil dan dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.

2. Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan bentuk-bentuk kelompok sosial.

3. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok menyelesaikan masalah yang disajikan kelompok lain dengan menggunakan ide ide-ide untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. 

 

Memverifikasi (Verification)

1. Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber, mengembangkan hasil dan menyajikan hasil karya selanjutnya, menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain.

2. Meminta kelompok yang sudah siap untuk mengemukakan hasil diskusinya, baik secara lisan, presentasi, atau tulisan.

3. Memberikan tanggapan dan masukan apabila diperlukan.

 

Menyimpulkan (Generalization)

1. Peserta didik digiring untuk menggeneralisasikan hasil berupa kesimpulan pada suatu kejadian atau permasalahan yang sedang dikaji.

2. Peserta didik menggeneralisasikan hasil simpulannya pada suatu kejadian atau permasalahan yang serupa, sehingga dapat melatih keterampilan metakognisi.

3. Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran diskusi lintas kelompok tersebut.

 

Closing/penutup

ü Peserta didik melakukan refleksi kegiatan pembelajaran.

ü Peserta didik dan pendidik mereview/menyimpulkan hasil pembelajaran.

ü Peserta didik diberi tugas membaca materi berikutnya.

ü Peserta didik berdoa

 

 

 

 

 

 

 

 


LAMPIRAN

1. Penilaian Sikap-Penilaian sikap pada saat pembelajaran

Rubrik penilaian sikap pada saat pembelajaran

No.

Nama

Sikap yang Diamati dalam Proses Pembelajaran

Skor

Keterangan

Jujur

Disiplin 

Tanggung Jawab

Percaya Diri

Peduli

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN:

Jujur

3

Peserta didik berperilaku jujur dengan sangat baik

 

2

Peserta didik berperilaku jujur dengan baik

 

1

Peserta didik berperilaku jujur dengan cukup

Peduli

3

Peserta didik berperilaku peduli dengan sangat baik

 

2

Peserta didik berperilaku  peduli dengan baik

 

1

Peserta didik berperilaku  peduli dengan cukup

Disiplin

3

Peserta didik berperilaku disiplin dengan sangat baik

 

2

Peserta didik berperilaku  disiplin dengan baik

 

Tanggung Jawab 

 

1

3

2

1

Peserta didik berperilaku  disiplin dengan cukup

Peserta didik berperilaku tanggung jawab dengan sangat baik

Peserta didik berperilaku tanggung jawab  dengan baik

Peserta didik berperilaku tanggung jawab  dengan cukup

Percaya Diri

3

Peserta didik berperilaku percaya diri dalam berpendapat dengan sangat baik

 

2

Peserta didik berperilaku percaya diri dalam berpendapat  dengan baik

 

1

Peserta didik berperilaku percaya diri dalam berpendapat  dengan cukup

 

 


 

2. Penilaian sikap pada saat kegiatan diskusi

Rubrik peneilaian sikap pada saat diskusi

No.

Nama

Prilaku yang Diamati dalam Proses Dikusi

Skor

Keterangan

Tanggung Jawab

Menghargai Pendapat

Aktif

Disiplin

Percaya Diri

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian  = Jumlah Skor

4

NILAI AKHIR SISWA

16 = 90                              11 = 85                     6  = 80                       1 = 75 

17 = 91                               12 = 86                      7  = 81                        2 = 76

18 = 92                               13 = 87                      8  = 82                        3 = 77

19 = 93                               14 = 88                      9  = 83                        4 = 78

20 = 94 (Sangat Baik)    15 = 89 (Baik)        10 = 84 (Cukup)      5 = 79 (kurang)

No

kriteria

4

3

2

1

1

Tanggung Jawab

Mengungkapkan pendapat dengan baik, logis dan alasannya dapat dipertanggungjawabkan.

Mengungkapkan pendapat dengan baik dan alasannya dapat dipertanggungjawabkan.

Mengungkapkan pendapat dengan baik tapi alasannya kurang dapat dipertanggungjawabkan.

Mengungkapkan pendapat dan alasannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

2

Menghargai Pendapat

Menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi.

Menghargai dan menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi.

Kurang mampu menghargai dan menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi.

Tidak mampu menghargai dan menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi.

3

Aktif

Aktraktif dalam bergagasan dan mampu memimpin kelompoknya

Aktif dalam dalam berpendapat dan mengerjakan tugasnya

Kurang aktif dalam dalam berpendapat dan mengerjakan tugasnya

Tidak aktif dalam dalam berpendapat dan mengerjakan tugasnya

4

Disiplin

Disiplin dalam mengumpulkan tugas hasil diskusi dengan tepat waktu.

Disiplin dalam mengumpulkan tugas hasil diskusi dan terlambat satu hari.

Kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas hasil diskusi dan terlambat tiga hari.

Tidak disiplin mengumpulkan tugas hasil diskusi dan terlambat lebih dari lima hari.

5

Percaya Diri

Mampu menjawab, berpendapat dan bertanya dengan sangat baik dengan percaya diri.

Mampu menjawab, berpendapat dan bertanya dengan baik..

Kurang mampu menjawab, berpendapat dan bertanya.

Tidak menjawab, berpendapat dan bertanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Penilaian keterampilan pada saat presentasi 

Rubrik penilaian keterampilan pada saat presentasi

No.

Nama

Prilaku yang Diamati dalam Proses Presentasi.

Skor

Keterangan

Penampilan Presentasi

Media Presentasi

Isi Materi 

Menjawab Pertanyaan

Kerjasama

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Penilaian pengetahuan pada saat penugasan dalam pembelajaran

Rubrik pengetahuan pada saat penugasan dalam pembelajaran

No

Nama

Aspek Penilaian

Skor

Memahami pokok materi

Menjealaskan kembali materi 

Memberikan contoh dari materi

 

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN :

No.

Kriteria

Bobot

4

3

2

1

1

Memahami pokok materi.

30%

Memahami pokok materi yang disampaikan dengan sangat baik.

Mampu memahami pokok materi yang disampaikan.

Cukup memahami pokok materi yang disampaikan.

Kurang memahami pokok materi yang disampaikan.

2

Menjelaskan kembali materi. 

40%

Menjelaskan kembali materi dengan pendapat sendiri dengan baik.

Menjelaskan kembali materi dengan membaca buku diperjelas dengan pemahaman sediri.

Menjelaskan kembali materi dengan menghafal dari buku.

Menjelaskan kembali materi dengan membaca buku.

3

Memberikan contoh dari materi.

30%

Mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi sanga tjelas.

Mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi dengan jelas.

Cukup mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi.

Kurang mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi.

 

 

 

 

 


4. Daftar Pustaka

Andriani, A. (2015). Bahan Ajar Dongéng dina Buku Pangajaran Basa Sunda. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Danadibrata, R.A. (2015). Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2013). Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasisi Kurikulum 2013. Bandung:

            Disdik Prov Jabar.

 

5. Glosarium

Gunungputri, Juni 2023