Module | Bahasa Sunda |
Schoo Level | SMA |
Grade/Phase | Grade 10 / Phase E |
Semester/Term/Week | Semester 1 / Term 1 / Week 2 |
Duration | 1 JP ( pertemuan), 2 x 40 menit |
Model | Discovery Learning |
Student Identification | Reguler |
Learning Outcomes (Tujuan Pembelajaran) |
Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. |
Profil Pelajar Pancasila |
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara. 2. Bernalar kritis. Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan. 3. Kreatif. Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
|
General Knowledge (Pemahaman Bermakna) | Big Question (Pertanyaan Pemantik) |
Dongeng merupakan salah satu produk budaya Sunda yang perlu dilestarikan sebagai sarana edukasi secara lisan dan tulisan. | Apa yang akan terjadi jika dongeng Sunda mampu mengubah karakter seseorang? Bagaimana caraya agar dongeng bisa berkesan? |
Assessments |
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran: Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifk-TPACK dan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode diskusi, kolaborasi serta refleksi maka Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks dongeng berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara untuk tujuan tertentu yang kemudian mengaitkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan jujur, teliti, tanggungjawab, dan penuh semangat nasionalisme.
Asesmen Formatif: 1. Quiz 2. Ujian Harian (Pilihan Ganda dan Essay) 3. Penilaian Sikap 4. Penilaian Keterampilan 5. Penilaian Pemahaman/Pengetahuan
Alat ukur: 1. Rubrik Quiz 2. Format Penilaian Ujian Harian 3. Rubrik penilaian Sikap 4. Rubrik Penilaian Keterampilan 5. Rubrik Penilaian Pengetahuan
Asesmen Sumatif: UAS, UTS
Alat ukur: Format Penilaian Ujian Akhir Semester Format Penilaian Ujian Tengah Semester
Remedial bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria tujuan pembelajaran: DIberikan bimbingan dan kelas pembelajaran lalu diberikan tes pengulangan lagi sampai mendapatkan nilai minimal 75 bagi peserta didik yang belum paham/ belum terampil akan dilakukan pendampingan oleh guru. Bagi peserta didik yang sudah paham seutuhnya diberikan pengayaan dan melanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya
|
SESSION/Pertemuan ke: Week 2
Teaching Goals
Indikator Keberhasilan | Asesmen |
Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks dongeng berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. | Jenis Asesmen : Penilaian Sikap Penilaian Keterampilan Penilaian Pengetahuan
Alat ukur : Rubrik Penilaian Sikap Rubrik Penilaian Keterampilan Rubrik Penilaian Pengetahuan
|
Sarana dan Prasarana | |
ü LCD Proyektor and Apple TV ü Template Worksheet, Kertas kerja ü Gambar berkaitan dengan materi ü Spidol ü Papan Tulis | ü Internet ü Video dari Youtube, LMS, Gadget, internet ü Handout ü Laptop. Ipad. MacBook |
Rincian Kegiatan
Opening/Kegiatan Awal |
ü Guru membuka kelas dengan mengucapkan salam. ü Guru dan Peserta didik berdoa Bersama-sama ü Mengkondisikan kehadiran peserta didik dengan apresiasi kehadiran peserta didik dan absensi kelas. ü Memberikan dorongan dan motivasi. ü Memaparkan IPK dan tujuan pembelajaran. ü Apersepsi. Mengulas kembali materi pertemuan sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipaparkan pada pertemuan kali ini |
Main Activity/Kegiatan Inti |
Memberi stimulus (Stimulation) 1. Guru memberikan stimulus berupa masalah untuk diamati dan disimak Peserta didik melalui kegiatan membaca, mengamati situasi atau melihat gambar, dan lain-lain. 2. Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatan dari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan materi dongeng 3. Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket.
Mengidentifikasi masalah (Problem Statement) 1. Peserta didik bekerjasama dalam kelompok mengidentifikasi permasalahan yang disajikan pada tayangan PPT, kemudian diminta membuat catatan tentang temuan-temuan terkait bentuk-bentuk konflik. 2. Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan, yang berkaitan dengan materi/gambar yang terdapat pada buku paket dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran, 3. Peserta didik mengajukan pertanyaan minimal lima setiap kelompoknya yang harus dijawab oleh kelompok lainnya dari hasil pengamatan terhadap masalah yang diamati.
Mengumpulkan data (Data Collecting) 1. Peserta didik mencari dan mengumpulkan data/informasi yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan yang dari kelompok lain. 2. Peserta didik bekerjasama dalam kelompok dan berbagi tugas untuk mencari informasi/data pendukung guna memperkuat data yang valid dari berbagai sumber. 3. Data tersebut berkaitan dengan materi dongeng Sunda. 4. Guru meminta Peserta didik menggali kembali pemahamannya yang berkaitan dengan bentuk-bentuk teks warta dengan lintas kelompok melalui diskusi terbuka.
Mengolah data (Data Processing) 1. Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber, mengembangkan hasil dan dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain. 2. Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan bentuk-bentuk kelompok sosial. 3. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok menyelesaikan masalah yang disajikan kelompok lain dengan menggunakan ide ide-ide untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.
Memverifikasi (Verification) 1. Peserta didik mengasosiasi data yang ditemukan dari percobaan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber, mengembangkan hasil dan menyajikan hasil karya selanjutnya, menyajikannya dalam bentuk presentasi yang ditanggapi langsung oleh kelompok lain. 2. Meminta kelompok yang sudah siap untuk mengemukakan hasil diskusinya, baik secara lisan, presentasi, atau tulisan. 3. Memberikan tanggapan dan masukan apabila diperlukan.
Menyimpulkan (Generalization) 1. Peserta didik digiring untuk menggeneralisasikan hasil berupa kesimpulan pada suatu kejadian atau permasalahan yang sedang dikaji. 2. Peserta didik menggeneralisasikan hasil simpulannya pada suatu kejadian atau permasalahan yang serupa, sehingga dapat melatih keterampilan metakognisi. 3. Guru dan Peserta didik menarik sebuah kesimpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran diskusi lintas kelompok tersebut.
|
Closing/penutup |
ü Peserta didik melakukan refleksi kegiatan pembelajaran. ü Peserta didik dan pendidik mereview/menyimpulkan hasil pembelajaran. ü Peserta didik diberi tugas membaca materi berikutnya. ü Peserta didik berdoa |
LAMPIRAN
1. Penilaian Sikap-Penilaian sikap pada saat pembelajaran
Rubrik penilaian sikap pada saat pembelajaran
No. | Nama | Sikap yang Diamati dalam Proses Pembelajaran | Skor | Keterangan | ||||
Jujur | Disiplin | Tanggung Jawab | Percaya Diri | Peduli |
|
| ||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
KETERANGAN:
Jujur | 3 | Peserta didik berperilaku jujur dengan sangat baik |
| 2 | Peserta didik berperilaku jujur dengan baik |
| 1 | Peserta didik berperilaku jujur dengan cukup |
Peduli | 3 | Peserta didik berperilaku peduli dengan sangat baik |
| 2 | Peserta didik berperilaku peduli dengan baik |
| 1 | Peserta didik berperilaku peduli dengan cukup |
Disiplin | 3 | Peserta didik berperilaku disiplin dengan sangat baik |
| 2 | Peserta didik berperilaku disiplin dengan baik |
Tanggung Jawab
| 1 3 2 1 | Peserta didik berperilaku disiplin dengan cukup Peserta didik berperilaku tanggung jawab dengan sangat baik Peserta didik berperilaku tanggung jawab dengan baik Peserta didik berperilaku tanggung jawab dengan cukup |
Percaya Diri | 3 | Peserta didik berperilaku percaya diri dalam berpendapat dengan sangat baik |
| 2 | Peserta didik berperilaku percaya diri dalam berpendapat dengan baik |
| 1 | Peserta didik berperilaku percaya diri dalam berpendapat dengan cukup
|
2. Penilaian sikap pada saat kegiatan diskusi
Rubrik peneilaian sikap pada saat diskusi
No. | Nama | Prilaku yang Diamati dalam Proses Dikusi | Skor | Keterangan | ||||
Tanggung Jawab | Menghargai Pendapat | Aktif | Disiplin | Percaya Diri | ||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian = Jumlah Skor 4 | NILAI AKHIR SISWA 16 = 90 11 = 85 6 = 80 1 = 75 17 = 91 12 = 86 7 = 81 2 = 76 18 = 92 13 = 87 8 = 82 3 = 77 19 = 93 14 = 88 9 = 83 4 = 78 20 = 94 (Sangat Baik) 15 = 89 (Baik) 10 = 84 (Cukup) 5 = 79 (kurang) | ||||
No | kriteria | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Tanggung Jawab | Mengungkapkan pendapat dengan baik, logis dan alasannya dapat dipertanggungjawabkan. | Mengungkapkan pendapat dengan baik dan alasannya dapat dipertanggungjawabkan. | Mengungkapkan pendapat dengan baik tapi alasannya kurang dapat dipertanggungjawabkan. | Mengungkapkan pendapat dan alasannya tidak dapat dipertanggungjawabkan. |
2 | Menghargai Pendapat | Menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi. | Menghargai dan menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi. | Kurang mampu menghargai dan menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi. | Tidak mampu menghargai dan menerima pendapat orang lain dalam berdiskusi. |
3 | Aktif | Aktraktif dalam bergagasan dan mampu memimpin kelompoknya | Aktif dalam dalam berpendapat dan mengerjakan tugasnya | Kurang aktif dalam dalam berpendapat dan mengerjakan tugasnya | Tidak aktif dalam dalam berpendapat dan mengerjakan tugasnya |
4 | Disiplin | Disiplin dalam mengumpulkan tugas hasil diskusi dengan tepat waktu. | Disiplin dalam mengumpulkan tugas hasil diskusi dan terlambat satu hari. | Kurang disiplin dalam mengumpulkan tugas hasil diskusi dan terlambat tiga hari. | Tidak disiplin mengumpulkan tugas hasil diskusi dan terlambat lebih dari lima hari. |
5 | Percaya Diri | Mampu menjawab, berpendapat dan bertanya dengan sangat baik dengan percaya diri. | Mampu menjawab, berpendapat dan bertanya dengan baik.. | Kurang mampu menjawab, berpendapat dan bertanya. | Tidak menjawab, berpendapat dan bertanya. |
3. Penilaian keterampilan pada saat presentasi
Rubrik penilaian keterampilan pada saat presentasi
No. | Nama | Prilaku yang Diamati dalam Proses Presentasi. | Skor | Keterangan | ||||
Penampilan Presentasi | Media Presentasi | Isi Materi | Menjawab Pertanyaan | Kerjasama | ||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Penilaian pengetahuan pada saat penugasan dalam pembelajaran
Rubrik pengetahuan pada saat penugasan dalam pembelajaran
No | Nama | Aspek Penilaian | Skor | ||
Memahami pokok materi | Menjealaskan kembali materi | Memberikan contoh dari materi |
| ||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
KETERANGAN :
No. | Kriteria | Bobot | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Memahami pokok materi. | 30% | Memahami pokok materi yang disampaikan dengan sangat baik. | Mampu memahami pokok materi yang disampaikan. | Cukup memahami pokok materi yang disampaikan. | Kurang memahami pokok materi yang disampaikan. |
2 | Menjelaskan kembali materi. | 40% | Menjelaskan kembali materi dengan pendapat sendiri dengan baik. | Menjelaskan kembali materi dengan membaca buku diperjelas dengan pemahaman sediri. | Menjelaskan kembali materi dengan menghafal dari buku. | Menjelaskan kembali materi dengan membaca buku. |
3 | Memberikan contoh dari materi. | 30% | Mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi sanga tjelas. | Mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi dengan jelas. | Cukup mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi. | Kurang mampu memberikan contoh yang sesuai dengan materi. |
4. Daftar Pustaka
Andriani, A. (2015). Bahan Ajar Dongéng dina Buku Pangajaran Basa Sunda. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Danadibrata, R.A. (2015). Kamus Basa Sunda. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2013). Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasisi Kurikulum 2013. Bandung:
Disdik Prov Jabar.
5. Glosarium
Gunungputri, Juni 2023